Sekilas tentang Tool Eksekusi Warna di Photoshop

Dalam pemahaman soal warna di Adobe Photoshop atau software olah visual lain, karakter warna dibagi dalam tiga warna dasar (RGB) yaitu red = merah, green = hijau, dan blue = biru. (Udah pada tau kalii..)

Cara lainnya adalah dengan mode HSL yaitu Hue, Saturation, dan Lightness. Terus ada lagi yaitu mode CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black).

Di thread ini eL pengen ngebahas soal permainan warna. Dimulai dari pengaturan background (baca: latar belakang) gambar, bikin gradient (baca: gradasi), ngatur brightness sama contrast, dan masih banyak lagi.

Jadi, yuk nyantai dulu, bikin kupi, gelar tiker sama cemilan rengginang (biasanya ditaro di kaleng biskuit). Jangan lupa setel musik. Terserah mo pake winamp, gom player, monkey, windows media player atau software pemutar musik lain yang sobat eL punya. (Trus, kapan mulai ngebahasnya?) Lho, justru supaya bahasannya enak ditelaah, masuk ke otak, dipahami & ngena di hati (etdah..) kita musti rileks dulu. Ya, nggak?! (Au, ah!)

Oke! Kita masuk bahasan soal tool-nya dulu. Kaya gini, nih. (Screenshotnya eL ini di Adobe Photoshop CS 6, ya?!)

Paint Bucket Tool
Paint Bucket Tool itu dipake buat ngeganti background yang karakter warnanya sama atau mirip.



Gradient Tool
Gradient tool, tool buat menghasilkan warna gradasi. Sobat eL tau dong warna gradasi itu kaya gimana? Ya udah, gitu aja, sih.



Brush Tool
Brush Tool, dari terjemahannya pasti sobat eL udah bisa nebak. Yak, betul! Brush tool bertindak sebagai kuas waktu kita ngegambar pake mouse. Fungsinya banyak. Tapi eL mau fokus ke bahasan dulu, biar nggak ngelebar kemana-mana.



Brightness/Contrast
Brightness itu tool buat ngatur kecerahan gambar. Kalo contrast buat ngatur ketajaman gambar.



Level
Fungsi level hampir sama kaya Brightness/Contrast. Cuman cara pengolahannya lebih fleksibel aja. Kenapa? Soalnya warna bisa diatur jadi 3 tahap; warna gelap, warna menengah, dan warna terang.



Curves
Curves juga sama kaya level, tapi setingannya dalam bentuk curva.

Color Balance
Buat ngatur keseimbangan warna.



Photo Filter
Photo filter berfungsi untuk memberikan filter pada gambar. Buat sobat eL yang udah hatam sama foto-foto pake kamera yang lensanya dipasangin filter, pasti udah sering pake tool ini. (Biasanya kalo lagi lupa bawa filter :D)



Replace Color
Replace Color dipake buat ngeganti warna tertentu dalam gambar, tapi nggak ngerubah warna yang lain.



Hue/Saturation
Hue/Saturation buat ngeganti warna semua gambar atau berdasarkan dari area yang sobat eL seleksi. Hue itu warna, kalo Saturation adalah tebal/tipisnya warna.



Match Color
Match Color akan nyamain warna gambar patokan ke gambar yang mau diubah.



Masih banyak sih pilihan tool-tool yang lain. Tapi sementara segini dulu, ya. Udah jam 4 subuh, eL mo ngelempengin pinggang dulu sebentar. Besok kita sambung sharingnya lagi lebih detil lagi. Semoga bermanfaat.

0 comments :

Posting Komentar

 

Langganan via Email