Tips Saat Belanja Bersama Anak

Belanja Bersama Anak
Ketika sobat eL belanja bersama anak-anak, ada beberapa kemungkinan yang akan terjadi.

Di antaranya bisa menjadi salah satu hal yang sangat menyenangkan, yang mungkin dapat dianggap sebagai akses wisata sekaligus jalan-jalan atau liburan sejenak dari rutinitas.

Kemungkinan kedua, akan menjadi satu hal yang sangat merepotkan manakala mereka mulai berbuat sesuatu yang tidak kita kehendaki, mengambil barang-barang yang sebenarnya bukan termasuk dalam kategori daftar belanjaan. Alhasil, pengeluaran akan bertambah lantaran keinginan sang anak.

Jadi, bagaimana kita menyikapi hal tersebut? Tindakan apa yang harus dipersiapkan sebelum hal itu terjadi? Meski sebenarnya sobat eL memang nggak pengen ngajak anak saat berbelanja. Tapi, ninggalin anak sendirian di rumah juga bisa membuat kemungkinan yang lain. So, mau nggak mau kita harus ngajak anak ikut berbelanja.

Nah, berikut tips-tipsnya:

Planning (Rencana)
Sebelum berangkat, sebaiknya tentuin dulu kemana tujuan kita belanja (pasar kaget apa pasar jongkok :D). Jangan sampai saat belanja nanti, sobat eL mampir ke material,  padahal mau beli odol. Ini bisa mencegah pembelanjaan barang yang tidak diperluin alias mubazir.

Role (Peraturan)
Bikin peraturan dengan anak, merupakan salah satu hal yang sangat penting disini. Sebelum sobat eL berangkat berbelanja bersamanya, sobat eL bisa minta si anak supaya nggak jauh-jauh dari kita dan nggak minta jajan yang aneh-aneh (misalnya: kondom :D). Secara nggak langsung, keamanan anak akan lebih terjamin dan belanja bisa tetap hemat.

Timing (Waktu yang Tepat)
Pilih waktu yang tepat sebelum sobat eL pergi belanja bersama anak. Sobat eL bisa ngajak anak pergi belanja setelah jam makan siang, misalnya. Hal ini dilakuin supaya si anak nggak ngeluh lapar dan minta jajan yang aneh-aneh.

Agreement (Perjanjian)
Bikin satu perjanjian dengan si anak akan sangat membantu kita saat ingin belanja. Dengan perjanjian itu, si anak akan lebih mudah diatur dan memungkinkan nggak minta sesuatu yang aneh-aneh. Contohnya, sobat eL bisa bikin perjanjian dengan si anak kalo kita nggak akan ngebeliin mainan atau barang yang aneh-aneh saat belanja nanti.

Help Care (Saling Ngebantu)
Membiarkan anak membantu kita Nggak ada salahnya kita minta bantuan sang anak untuk memilih belanjaan yang akan dibeli. Misalnya pengen beli pasta gigi, biarkan dia milih sendiri pasta gigi yang disukai. Sobat eL juga bisa ngajarin dia sedikit cara untuk berbelanja yaitu dengan membandingkan harga. Dengan begitu, kegiatan belanja kita bersama anak bisa menyenangkan dan tentunya lebih hemat.



0 comments :

Posting Komentar

 

Langganan via Email