Modus Phising (Penipuan) pada Situs Facebook


Phising Facebook
Barusan eL dapet email phising facebook lagi untuk yang kesekian kalinya.

Tadinya sih dicuekin melulu, tapi karena keseringan lama-lama beugah juga ngeladenin email kaya beginian.

Kalo yang nggak awas alias hati-hati, bisa kejebak bin ketipu.

Berikut kiriman phising facebook ke email eL:


Alamat pengirimnya:


Yang sebenernya FB Account itu bukan akun resmi dari Facebook tapi ngelink ke 93A79589@heffins.com

Isi di emailnya kalo eL terjemahin kira-kira kaya gini:
Anda telah memblokir akun Facebook Anda. Anda dapat mengaktifkan kembali account Anda kapan saja Anda inginkan dengan login ke Facebook dengan login melalui alamat email dan password lama Anda. Selanjutnya Anda akan dapat mengambil keuntungan dari situs seperti sebelumnya

Salam,

Tim Facebook

Kalo diklik sign in, bakalan ngelink ke alamat ini: http://grupo-amaro.com/5yde5dY/index.html (tapi jangan diklik trus diikutin apa maunya dia, yak?!) Kalo yang eL udah coba barusan sih tujuan akhirnya ngedownload kaya flash player gitu (Autorun lagi). Tapi, hiiiyyy.. (Lebay) Jangan dicoba, deh! Aroma malware tercium sudah. Mending didiscard, dah!

Baidewei eniwei baswey! Phising itu buat kalangan awam sebenernya apaan, sih? Nih, eL kasih bocoran dikit. Walaupun eL juga masih tergolong kaum awam, haha..

Istilah phishing dalam bahasa Inggris (Wedeh! Nilai bahasa inggris 5 aja, gaya!! Haha..)  berasal dari kata fishing (memancing), dalam hal ini berarti memancing informasi pribadi, kayak keuangan dan kata sandi (password) pengguna.


Biasanya teknik phising adalah melakukan manipulasi link yang coba disisipin di dalam email yang akan dikirimkan ke korbannya. Nah! Gara-gara email, praktek phising bisa dipermudah cuman hanya melakukan spam pada email trus tinggal nunggu mangsa supaya masuk ke dalam tipu muslihatnya.

Supaya lebih ngeyakinin kalo link yang dikirim itu asli, biasanya si pengirim phising ini akan ngebikin web yang mirip dengan yang aslinya. Cuman perbedaannya, link yang dituju nggak searah ama link yang diberikan.

Buat orang awam alias hamba sahaya kaya eL, hehe.. yang kurang paham tentang web mungkin akan lebih gampang ditipu, makanya kita harus lebih waspada supaya nggak jadi korban penipuan.
Untuk menghindari hal kaya gitu, eL ngebiasain diri ngelakuin hal di bawah ini:
  • Ngecek URL/link/address yang pengen dituju, pastiin lagi kalo alamat yang ada di Address bar adalah benar alamat yang dituju.
  • Ngebiasain ngetik URL/link/alamat situs yang dituju. Jangan pernah masuk ke web yang dirasa mencurigakan.
  • Ganti password secara rutin, supaya password susah dilacak.
Semoga artikel bermanfaat buat sobat eL semua untuk lebih berhati-hati supaya terhindar dari godaan phising-phising yang nantinya bikin pusing, hehe..

0 comments :

Posting Komentar

 

Langganan via Email