Cara Mempertahankan Ketajaman Otak bagi Manula



Menurut hasil studi dalam pertemuan tahunan Radiological Society of North America, Ahad (25/11), membaca dan menulis tuh ternyata bisa mempertahanin keutuhan susunan pada otak orangtua.


Trus, Xinhua juga ngelaporin (bukan ke eL sih lapornya..) kalo para peneliti make MRI buat meriksa otak 152 orang, yang rata-rata umurnya 81 tahun. Para peserta tak menderita dementia atau gangguan kognitif ringan, berdasarkan penilaian klinis terperinci. Baidewei, sobat eL ada yang tau apa itu MRI? Nih, eL copas dari wikipedia, hehe..

Pencitraan resonansi magnetik (Magnetic Resonance Imaging, MRI) ialah gambaran potongan cara singkat badan yang diambil dengan menggunakan daya magnet yang kuat mengelilingi anggota badan tersebut. Berbeda dengan "CT scan", MRI tidak memberikan rasa sakit akibat radiasi karena tidak digunakannya sinar-X dalam proses tersebut.

Meski penelitian yang dulu-dulu udah nunjukin hubungan antara kegiatan kognitif (pemahaman akan pengetahuan) di usia senja dan ketajaman mental yang lebih baik, penelitian itu ngebahas tentang apa dampak kegiatan kognitif pada usia senja yang mungkin aja ada di sekitar wilayah putih otak, yang terdiri atas serat syaraf, atau axon, yang mengirim informasi ke seluruh otak.

Peneliti minta peserta membuat peringkat satu sampai lima (kayak lomba gitu), seberapa sering mereka ikut dalam daftar kegiatan yang ngelibatin mental selama satu tahun ini. Kegiatannya antara lain; baca koran dan majalah, nulis surat, main kartu dan Ada juga permainan yang menggunakan papan (catur, karambol, halma, dsb).

Hasilnya, ada hubungan mencolok antara kegiatan mental yang sering dan keutuhan susunan pada beberapa bidang putih di otak. "baca koran, nulis surat, mengunjungi perpustakaan, menghadiri permainan atau ikut bermain, seperti catur atau halma. Semuanya adalah kegiatan sederhana yang bisa ngasih sumbangan pada otak yang lebih sehat," kata Konstantinos Arfanakis, Asisten Profesor di Rush University Medical Center di Chicago, di dalam satu pernyataan.

0 comments :

Posting Komentar

 

Langganan via Email