Cara Membuat Tas Cantik Dari Bungkus Kopi

Tas Bungkus Kopi
Cobalah untuk menjadi seseorang yang kreatif dengan limbah yang udah nggak lagi digunain. 

Fungsinya, selain manfaatin barang yang nggak kepake, kegiatan ini juga mampu ngehasilin income sebagai pendapatan tambahan.

Tentunya sobat eL udah nggak lagi asing sama kerajinan tangan yang menghasilkan tas cantik terbuat dari bungkus kopi ini, kan? Selain berkesan menarik, tas ini juga memiliki keunikan tersendiri.

Mau tahu gimana cara bikinnya? Nih, langkah-langkah singkat dalam proses pembuatan tas cantik dari bungkus kopi.

Alat dan bahan yang digunakan:
  • Bungkus kopi bekas
  • Kain terpal (buat pelapis)
  • Benang kenur
  • Mesin jahit (Kalo nggak ada, jahit manual juga boleh, kok.)
  • Gunting/pisau cutter
  • Kain sebagai tali dari tas

Pertama: 
Siapin 1 bungkus bekas kopi instan merek apa aja, terserah. Potong jadi dua bagian selebar 4 cm. 



Kedua:
Potongan bekas bungkus kopi selebar 4 cm itu dilipat ke arah dalam sepanjang 1 cm di kedua sisinya sehingga menghasilkan pita plastik selebar 2 cm. Buat pita seperti ini sebanyak minimal 1000 buah dari 500 bungkus bekas kopi instan.


Ketiga:
Ambil 4 buah pita dan anyam, mirip kaya bikin baling-baling. 


Keempat: 
Pada baling-baling yang udah kebentuk, terus tambahin pita lainnya satu-persatu. Jangan lupa bikin sudut tegak vertikal supaya bisa dianyam ke arah atas. Kalo prosesnya nggak ngarah vertikal maka anyaman cuman bakalan kebentuk kaya anyaman tikar aja dan nggak keliatan kaya keranjang. Atur lebar dan tinggi anyaman sesuai kebutuhan.





Kelima:
Setelah keranjang atau tas cantik sobat eL selesai, bagian dalam tas bisa dikasih tambahan lapis dari kain perca supaya nggak bolong-bolong. Tapi kalo mo keliatan orijinal, biarin aja kaya gitu supaya kesannya antik.



Nah, jadi, deh. Kumpulin satu demi satu hasilnya. Dengan sering bereksperimen, nanti sobat eL bakalan nemuin cara lain dalam ngerangkai anyaman-anyaman dari bungkus kopi. Hasilnya bakalan beda dari yang lain. Selamat mencoba!!

2 comments :

  1. wahh keren sekali Kerajinan tas nya, sangat kreatif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kunjungannya, bro Rian! Toko onlinenya juga cakep..

      Hapus

 

Langganan via Email