Membuat Suara Seolah Berada di Stadion atau Aula dengan FL Studio

Fruity Loops > Membuat Suara Seolah Berada di Stadion atau Aula

tutorial FL Studio - eLDigitalStudio
Fruity Reeverb (Master)
Malam, sobat eL! Kali ini eL mencoba untuk memberikan sedikit cara simpel untuk membuat efek suara kita yang seolah sedang berteriak di dalam sebuah aula dengan kapasitas besar atau stadion indoor.

Ruangan ini umumnya memiliki efek gaung namun dengan pantulan, gema atau delay vocal yang tipis. Berbeda halnya dengan kita yang sedang berteriak di hutan, gua atau pegunungan.

Dengan cara ini, nantinya sobat eL bisa mengimplementasikan suara tersebut sebagai tambahan audio pendukung. Apalagi buat yang doyan mixing, otak-atik musik, edit video, dsb. Asalkan kalian kreatif, langkah-langkah yang eL berikan nanti bisa dikembangkan menjadi lebih bagus. Tanpa perlu kita merekam suara di tempat yang dikehendaki.

Sebenarnya sih banyak cara ringkas dan instan yang bisa dipakai dengan beragam aplikasi dan jasa online pengolah audio. Terkadang eL juga pakai cara-cara itu. Seperti software; melodyne, presonus, dsb. Namun eL sengaja membagikan cara ini khusus dengan menggunakan software Fruity Loops, kebetulan eL masih punya yang FL 9. (Males updatenya, haha..)  Kenapa? Tunggu tanggal mainnya!

Anggap saja ini adalah metode pengenalan bagi yang belum pernah atau baru mau mendalami software Fruity Loops. Jadi, nggak perlu terlalu banyak bahan dulu. Yang penting adalah step by step-nya ini biasa dilakukan oleh kebanyakan pengolah audio. (Sotoy dikit, hehe..)

So, langsung saja. Supaya nggak bertele-tele, berikut langkah-langkahnya. Simak, ya! Oia sebelum mulai, jangan lupa baca doa & siapin kopi sama cemilan biar prosesnya berjalan lancar.

Langkah pertama. Siapkan hasil rekaman suara sobat eL yang sudah tersimpan di komputer. Terserah proses rekamannya mo gimana, mo pake device apa. Kalo eL sih cuma pakai handphone butut buat ngerekam suaranya. Contohnya sudah eL siapin kira-kira kaya gini.


Kedua. Buka software FL. Kalau belum punya softwarenya nanti eL kasih link downloadnya. Sementara request di komentar saja dulu. File dikirim via email.

tutorial FL Studio - eLDigitalStudio

Nanti kalian akan lihat tampilannya masih kosong kaya gini.

tutorial FL Studio - eLDigitalStudio

Ketiga. Drag file rekamannya ke lembar kosong di Fruity Loops.

tutorial FL Studio - eLDigitalStudiotutorial FL Studio - eLDigitalStudio

Keempat. Sobat eL akan lihat file mp3 yang sudah berada di lembar track 1. Klik icon view mixer atau tekan F9. Lihat gambar di bawah ini!

tutorial FL Studio - eLDigitalStudio

Kelima. Setelah muncul dialog Mixer - Master. Sobat eL klik icon segitiga pada FX slot 1 > Select > Fruity Reeverb.

tutorial FL Studio - eLDigitalStudio

Nanti akan muncul kotak dialog Fruity Reeverb (Master). Kalian bisa bereksperimen dengan menu yang ada; Low Cut, High Cut, Predelay, Roomsize, Diffusion, Color, Decay, High Damping, Dry & Reverb. Tapi sebelum itu, sobat eL ikuti dulu langkah keenamnya, ya!

tutorial FL Studio - eLDigitalStudio

Keenam. Klik icon segitiga pada FX slot 1 yang sudah kita isi dengan preset  Fruity Reeverb tadi. Lalu pilih Presets > [5] Large Hall.

tutorial FL Studio - eLDigitalStudio

Untuk mereview hasilnya kalian bisa tekan spasi pada keyboard PC atau laptop. Jangan kenceng-kenceng, ya! :p
Kalau masih belum puas, kalian bisa otak-atik lagi Fruity Reeverb (Master)-nya. Dengerin, pencet spasi, otak-atik, pencet spasi lagi. Gitu terus sampai enak menurut kebutuhan pendengaran sobat eL.

Sudah oke? Jangan lupa disimpan. Di situ nanti ada beberapa pilihan output. Bisa MP3, WAV, OGG, MIDI dan lainnya.
Langkah terakhir. Simpan hasilnya, File > Export. Atau tekan CTRL+R untuk format WAV, CTRL+SHIFT+R untuk format MP3, CTRL+SHIFT+M untuk format MIDI. Begini penampakannya.

tutorial FL Studio - eLDigitalStudio

Selesai. Kalau kalian kurang puas, silahkan bereksperimen lagi. Hasilnya kurang-lebih kaya gini.



Semoga bermanfaat!

0 comments :

Posting Komentar

 

Langganan via Email