Cara Membuat Teks 3 Dimensi Dengan Adobe Photoshop

Cara Membuat Teks 3 Dimensi Dengan Adobe Photoshop

Cara Membuat Teks 3 Dimensi Dengan Adobe Photoshop

Teks 3 Dimensi
"Hei, yang ada disana! Yang ada disini!" Ngikutin gayanya Tantri Kotak. "Masih semangat ngotak-atik Photoshop?" Ceritanya eL nanya ke kalian semua.

Terus kalian jawab, dong! "Masih."

Nah, itu baru namanya anak muda yang kreatif. (Kalo yang ngerasa udah tua eL ganti istilahnya jadi orang tua kreatif, hehe..) Tapi sobat eL jangan sampai salah nyebut.

Kaya pengalaman tetangga eL dulu waktu ceramah di Musholla, ngasih nasehat buat para remaja yang hadir waktu itu, kaya gini, "kita hidup di sini cuma sebentar. Jadi manfaatkan waktu sebaik-baiknya. Jangan buang-buang waktu. Genjrang-genjreng di pinggir jalan, teriak-teriak nggak jelas. Mending suaranya enak didenger," kata bapak itu. Kayanya sih nyindir eL yang masa itu masih doyan nongkrong di pinggir jalan bareng temen-temen sembari nyanyi-nyanyi sampe pagi. (Padahal suara eL kan enak, yak? Halah..)

Masalahnya bukan pada nasehat bapak itu, tapi pas kata-kata terakhirnya begini, "terutama buat anak-anak muda, nih." Kata bapak itu sambil nunjuk anak-anak muda yang hadir. "Nggak cuma anak muda, tapi juga buat anak tua." Nunjuk ke orang-orang tua.

Spontan jamaah yang hadir waktu itu cengengesan denger istilah 'anak tua' yang disebut sama itu bapak. Temen-temen juga cengar-cengir. "Anak tua? Mana ada anak-anak yang tua?" Bisik eL nanya ke Ganyong, temen eL yang duduk di sebelah.

Ya udah lah, ya. Nggak usah diperpanjang. Mungkin itu bapak masih ngerasa kaya anak-anak kali, hahaha..

Oke. Kembali ke topik. Kali ini kita ketemu lagi di artikel tutorial tentang gimana cara bikin teks supaya tampak 3 dimensi, tapi pake software Adobe Photoshop.

Jadi nggak usah ngebahas bikin teks 3 dimensi pake software lain dulu, ya. Sekarang kita fokus sama program yang satu ini aja. Insya Allah di artikel lain eL juga bakal ngebahas cara bikin teks 3 dimensi dengan software lain.

Untuk mempersingkat waktu, kali ini nggak pake sambutan ketua panitia, ketua pelaksana dan sebangsanya. Yuk, mari!
  1. Bikin lembar kerja baru, Ctrl + N. eL atur dalam ukuran standart A4. Atur formasi kertasnya jadi rebahan (baca: landscape).
    Cara Membuat Teks 3 Dimensi Dengan Adobe Photoshop 1

  2. Tulis teksnya sesuai kebutuhan. Kalo di sini eL kasih contoh teks, "CARA BIKIN TULISAN 3 DIMENSI PAKE PHOTOSHOP."
    Cara Membuat Teks 3 Dimensi Dengan Adobe Photoshop 2

  3. Aktifin tool 3D. Window > 3D (Ingat! layer teks harus dalam posisi aktif, ya!)
    Cara Membuat Teks 3 Dimensi Dengan Adobe Photoshop 3

  4. Bakal muncul dialog tool 3D. Atur Source: Selected Layer (s), 3D Extrusion, terus klik tombol Create. Contohnya kaya screenshoot di bawah ini.
    Cara Membuat Teks 3 Dimensi Dengan Adobe Photoshop 4

  5. Taraaa!! Nongol deh setingan teks 3 dimensinya. Otak-atik, deh. Klik teksnya. Akan ada banyak fitur bantuan dalam bentuk garis & path. Panah warna hijau buat ngatur (Y Axis), naik-turun teks. Warna merah buat ngatur (X Axis), geser kanan-kiri teks. Panah warna biru (Z Axis), maju-mundurin teks. Warna kuning berbentuk lingkaran (Around Z Axis), buat mutar-muterin teks. Cara Membuat Teks 3 Dimensi Dengan Adobe Photoshop 4a

  6. Sobat eL juga bisa ngatur di menu pilihan 3D yang ada di toolbar atas. Penampakannya kaya gini, nih.
    Cara Membuat Teks 3 Dimensi Dengan Adobe Photoshop 5
    Rotate the 3D Object: Buat putar-puter objek dalam 3 dimensi. Roll the 3D Object: Buat putar-puter objek berdasarkan kemiringan atau sudut (°). Drag the 3D Object: Buat ngatur posisi objek berdasarkan kemana sobat eL nyeret mouse. Slide the 3D Object: Buat ngatur slide, X-Y-Z Axis. Scale the 3D Object: Buat ngatur ukuran objek.

Nah! Gampang, kan?! Seumpama masih belum jelas & mo ditanyain, silahkan komentar aja. Insya Allah eL bales komennya semampu eL. Semoga bermanfaat!

0 comments :

Posting Komentar

 

Langganan via Email